cover
Contact Name
Inggih Permana
Contact Email
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
inggihpermana@uin-suska.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi
ISSN : 24608181     EISSN : 25028995     DOI : -
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi (print ISSN: 2460-8181, online ISSN: 2502-8995) is a peer-reviewed, scientific journal published by Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau. The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of information system. Its scope encompasses information system engineering and management. It was first published in 2015.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015): Agustus" : 10 Documents clear
STRATEGI PENERAPAN SISTEM E-LEARNING DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI Arabiatul Adawiyah; Idria Maita
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1317

Abstract

E-learning  merupakan suatu pembelajaran yang menggunakan media elektronik seperti pengiriman materi kuliah, tugas dan ujian on-line. Sistem pembelajaran di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau pada saat ini adalah dengan proses perkuliahan yang harus dilakukan  secara langsung atau tatap muka didalam sebuah ruangan dan waktu yang telah ditentukan. Penyampain materi dengan cara seperti ini dirasakan kurang maksimal, karena dengan keterbatasan waktu yang diberikan. Begitu juga halnya dengan pengumpulan tugas perkuliahan. Mahasiswa masih kurang disiplin dalam pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. Toleransi waktu yang diberikan oleh dosen, dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menunda pengumpulan tugas. Jika cara ini tetap dipertahankan, maka kualitas dan kuantitas perkuliahan yang maksimal akan susah untuk diperoleh. Konsep  E-learning  diusulkan untuk diterapkan sebagai salah satu solusi dari pemasalahan yang dihadapi tersebut. Sistem yang akan dikembangkan berbasis Web dan menggunakan konsep Learning Management System, yaitu moodle sebagai sistem pembelajarannya. Dengan sistem ini diharapkan dapat memaksimalkan kualitas perkuliahan dengan memberikan bahan ajar  dan menerapkan kedisiplinan kepada mahasiswa dalam perkuliahan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan serta lebih menghargai waktu dalam melaksanakan proses perkuliahan. Hasil yang ingin dicapai dalam penyusunan tugas akhir ini adalah bagaimana membuat sebuah strategi khusus agar sistem E-learning  dapat diterapkan di Fakultas Sains dan Teknologi.
RANCANG BANGUN MEDIA PELAYANAN UMUM DESK INFO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PENGADILAN TINGGI AGAMA PEKANBARU) Zarnelly Zarnelly; Della Adelia
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1325

Abstract

Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Pekanbaru adalah Instansi yang bergerak dibidang pelayanan yang memerlukan dan memberikan pelayanan yang baik, cepat dan akurat, namun yang terjadi adalah pelayanan permohonan informasi di PTA Pekanbaru sangat kurang memuaskan dikarenakan tidak dilakukannya pendataan secara rutin sehingga tidak diketahui bagaimana peningkatan dari kinerja seperti kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Hal ini menjadi masalah karena pihak Mahkamah Agung sewaktu-waktu akan melakukan penilaian. Selain itu PA sewilayah hukum PTA Pekanbaru kesulitan dalam melaporkan jumlah pengunjung informasi setiap bulan dan tahunnya dan sering terjadinya keterlambatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan solusi berbentuk Aplikasi Desk Info berbasis Web yang menunjang kinerja dan pelayanan pada PTA Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam membangun Desk Info yaitu metode Prototype, dan menggunakan tools UML (Unified Modelling Languange) yang merupakan tools dari metode perancangan berbasis objek, yaitu OOAD (Object Oriented Analysis Design). Dengan adanya Aplikasi Desk Info ini dapat meningkatkan kinerja terhadap pelayanan pada PTA Pekanbaru, membantu meringankan pekerjaan Petugas Meja Informasi, dan membantu PA Selat Panjang, PA Pangkalan Kerinci dan PA Tembilahan untuk memberikan laporan meja informasi kepada PTA Pekanbaru.
MOBILE APLICATION PEMBELAJARAN INTERAKTIF BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) (STUDI KASUS : LBPP LIA PEKANBARU) Anofrizen Anofrizen; Alfi Fadlan
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1320

Abstract

Yayasan LIA adalah Yayasan yang bergerak di bidang jasa pendidikan formal dan non-formal, terutama pendidikan bahasa selaku kegiatan intinya. LIA memulai kegiatannya dibidang pengajaran bahasa Inggris dengan siswa pada saat itu berjumlah 40 dan sampai tahun 2014 telah berkembang menjadi kurang lebih 70.000 siswa. Akan tetapi berdasarkan fakta LBPP Lia di Pekanbaru masih terdapat permasalahan dalam penyampaian materi pembelajaran kurang tersampaikan dengan baik sehingga masih ada beberapa siswa yang tidak terlalu paham akan materi yang telah disampaikan. Masalah yang kedua siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran. Masalah yang ketiga penggunaan gadget oleh siswa pada saat pembelajaran yang mengalihkan perhatian sehingga guru sulit mendapatkan perhatian siswa. Berdasarkan masalah yang di atas peneliti mengusulkan adanya pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa seperti pemberian pembelajaran interaktif berbasis mobile yang bisa mereka gunakan. Seperti pembelajaran interaktif Bahasa Inggris berbasis mobile menggunakan metode RAPID APLICATION DEVELOPMENT (RAD) dengan konsep beriontasi objek atau OOAD serta bahasa pemodelan untuk pembangunan perangkat lunak yang dibangun dengan menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek, yaitu Unified Modeling Language (UML).
EVALUASI PENERAPAN TATA KELOLA WEBMAIL DENGAN FRAMEWORK COBIT 4.1 (STUDI KASUS : PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU) Idria Maita; Nika Fitriani
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1321

Abstract

Paper ini menjelaskan tentang bagaimana mengevaluasi penerapan tata kelola Webmail dengan Framework COBIT 4.1 pada PT.Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Dalam penerapan kebijakan tata kelola Webmail terdapat permasalahan diantaranya rendahnya pengguna Webmail perusahaan, tidak pernah dilakukan pengukuran, monitoring dan evaluasi penerapan tata kelola Webmail. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap kebijakan tata kelola Webmail. Penelitian ini menggunakan Framework COBIT 4.1 untuk mengevaluasi dengan menggunakan domain Manage IT Human Resource (PO7), Educate and Train User (DS7), dan Provide IT Governance (ME4). Teknik pengambilan sampel menggunakan diagram RACI (Responsible, Accountable, Consulted and Informed) sebanyak 8 orang. Secara Keseluruhan, tata kelola Webmail PTPN V Pekanbaru pada saat ini (as-is) berada pada level 3 yaitu Defined dimana perusahaan telah memiliki prosedur standar formal dan tertulis yang telah disosialisasikan ke jajaran manajemen dan karyawan untuk dipatuhi tapi kurang ada pengawasaan untuk menjalankan itu semua. Untuk kondisi yang diharapkan (to-be) berada pada level 4 yaitu Managed and Measureabel artinya perusahaan memiliki indikator sebagai sasaran terhadap kinerja proses TI serta terdapat fasilitas untuk memonitor dan mengukur prosedur yang sudah berjalan. Agar proses menjadi lebih baik maka diberikan tindakan perbaikan berupa langkah-langkah usulan perbaikan untuk setiap proses.
SISTEM INFORMASI PEMETAAN KUALITAS PENDIDIKAN DI KOTA PEKANBARU BERBASIS WEB Restu Mahdila; Eki Saputra
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1309

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kehidupan masyarakat serta berperan untuk meningkatkan kualitas hidup. Masalah utama kualitas pendidikan di Kota Pekanbaru adalah belum meratanya dalam pencapaian kualitas  pendidikan. Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dalam mengelola hasil pencapaian kualitas pendidikan dilakukan dengan pencatatan dan pelaporan dalam lembar kerja sebagai hasil dar penyimpanan. Pemetaan kualitas pendidikan diperlukan untuk menggambarkan sebaran pencapaian kualitas satuan pendidikan suatu wilayah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Sistem basis data pendidikan menyediakan data dan informasi yang akurat, tepat guna dan tepat waktu yang berisikan informasi mengenai hasil pencapaian pendidikan, sehingga dapat memberikan  informasi yang mendukung dalam perencanaan program maupun pengambilan keputusan tentang kebijakan pembangunan di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengelola dan melakukan penilaian terhadap pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti mengusulkan sistem yang bertujuan membantu dalam proses kerja bagian dalam mengelola seluruh data kualitas pendidikan yang berstandar nasional pendidikan. Sistem yang akan dibangun dengan konsep berorientasi objek menggunakan teknik Pemodelan UML (Unified Modeling Language) dan bahasa pemograman PHP berorientasi objek. Dengan adanya Sistem Informasi pemetaan kualitas pendidikan ini dapat membantu pengeloaan data kualitas pendidikan dan mengetahui kualitas sekolah.
SISTEM PERINGATAN DINI PERLENGKAPAN PASIEN DI RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PEKANBARU Rice Novita
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1322

Abstract

Perlengkapan pasien di Rumah Sakit Jiwa Tampan di kamar pasien saat ini, banyak barang yang menumpuk. Dari penumpukan barang atau perlemgkapan pasien yang ada di kamar banyak masalah yang muncul seperti barang yang tidak terpakai, tidak bersih, dan tidak ada pengontrolan terhadap pesediaan barang. Ruangan siak terdiri dari 9 kamar terisi 20 orang,ruangan indragiri terdiri dari 4 kamar 1 kamar besar terisi 30 orang,ruangan kuantan terdiri dari 5 kamar terisi 30 orang, ruangan ugd terdiri dari 7 kamar terisi 8 orang, ruangan kampar terdiri dari 2 kamar besar terisi 30 orang.ruangan upip terdiri dari 7 kamar terisi 11 orang,ruangan sebayang terdiri dari 4 kamar besar terisi 40 orang,ruangan nabja terdiri dari 7 kamar terisi 10 orang.jumlah pasien yang di rawat inap pada Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru sebanyak 179 orang. Sistem yang ada selama ini belum bisa secara optimal mengelola, sehingga di rasakan sistem tidak berjalan efektif. Untuk mempermudah agar sistem menjadi lebih terorganisir dan terdokumentasi dengan baik diperlukan sistem peringatan dini untuk perlengkapan pasien untuk mengetahui berapa barang yang tersisa di gudang. Sistem peringatan dini untuk perlengkapan pasien yang akan dibangun memberikan pesan apabila barang di gudang tinggal sedikit. Adanyan pengintrolan dan perekapan data yang baik.
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN SEMINAR MAHASISWA PASCASARJANA INSTITUT PERTANIAN BOGOR Mustakim Mustakim; Guntoro Guntoro; Ulfa Khaira; Wisard Kalengkongan; Hidayat Hidayat
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1310

Abstract

Sistem pendataan seminar Mahasiswa Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) telah dilakukan semenjak berdiri hingga sekarang yang diterapkan secara manual administrator. Kelemahan timbul dari banyaknya mahasiswa pascasarjana yang hampir setiap hari lebih dari 20 Mahasiswa yang akan mendaftar dengan jumlah pegawai yang terbatas dan dengan sistem konvensional. Riset ini memberikan kemudahan dari berbagai bentuk kelemahan-kelemahan diatas diantaranya adalah efisien waktu, kemudahan tata kelola administrasi, tidak adanya sistem antrian manual. Kelebihan lain seperti halnya mengurangi kebutuhan kertas form pendaftaran dan jadwal. Oleh karena itu, Sistem Informasi Pendaftaran Seminar Sekolah Pascasarjana (SIPASMAPAS) IPB dalam pengembangannya sistem ini mampu memberikan 75% keuntungan bagi pegawai, mahasiswa dan perguruan tinggi.
SISTEM INFORMASI RUANGAN KAMPUS (STUDI KASUS: UIN SUSKA RIAU) Rezki Gunawan; Nesdi E. Rozanda; Fathurahma Fathurahma
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1323

Abstract

UIN Suska Riau merupakan perguruan tinggi agama islam negeri hasil pengembangan atau peningkatan status dari IAIN menjadi UIN dan berada dibawah Kementerian Agama. Dengan peningkatan status ini, UIN Suska Riau berkembang dengan memiliki lebih banyak jurusan, ruang perkuliahan, dan dosen. Seiring dengan perkembangan tersebut, maka muncul berbagai permasalahan. Permasalahan yang selalu terjadi pada setiap awal tahun ajaran baru adalah mahasiswa dan dosen baru sering terlambat karena tidak tahu letak ruang perkuliahan. Hal ini akan dapat mengganggu kegiatan proses belajar mengajar. Masalah lain adalah ketika dosen ingin memberi jam tambahan pelajaran maka harus dicari dulu kelas yang kosong. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan membangun sebuah sistem informasi ruangan kampus. Sistem dibangun menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem, OOAD untuk metode analisis dan perancangan, bahasa pemograman PHP, dan basis data MySQL. Dengan adanya sistem informasi ruangan kampus ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan lokasi ruangan yang dicari.
SISTEM INFORMASI E-DOCUMENT KORESPODENSI PADA KOREM 043/GATAM Tia Arnova; Imam Ahmad
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1316

Abstract

Korem/043 Gatam merupakan sebuah Instansi milik negara yang bergerak dalam bidang militer. Mempunyai tugas pokok menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah darat provinsi Lampung yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah darat provinsi Lampung dari ancaman dan gangguan. Permasalahan yang terdapat pada Instansi atau perusahaan tersebut adalah sistem pengarsipan yang berjalan di Korem 043/Gatam masih menggunakan cara manual yaitu dengan menuliskan dibuku agenda sehingga dalam melakukan pencarian surat  membutuhkan waktu yang lama karena harus memeriksa buku agenda satu persatu dan tidak adanya laporan kepada Kasi  Ops tiap bulannya. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, pengamatan, dan tinjauan pustaka. Merancang dan Mengimplementasikan sistem informasi e-document korespondensi  pada Korem 043/Gatam proses penyimpanan menjadi lebih efektif, sehingga pencarian surat masuk dan surat keluar lebih cepat dan meminimalisir kerusakan atau kehilangan data. Pembuatan laporan surat masuk dan surat keluar sesuai dengan kebutuhan, sehingga mempermudah staf operasional dalam memberikan laporan kepada Kasi operasional dan Danrem. kemudian dikembangkan dengan metode pengembangan sistem waterfall membuat Diagram Konteks, DFD Level 0, ERD, dan pembuatan aplikasi dengan menggunakan Borland Delphi 7.0 dan Mysql.
E-MARKETING SYSTEM AGENT PROPERTY MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOSTAC FRAMEWORK (STUDI KASUS: CV. ILA PROPERTY PEKANBARU) Syaifullah Syaifullah; Abdi Saputra
Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi Vol 1, No 2 (2015): Agustus
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/rmsi.v1i2.1324

Abstract

CV. ILA Property Pekanbaru merupakan perusahaan real estate yang bergerak dibidang jasa pemasaran jual dan sewa Property seperti rumah, tanah, ruko, yang terdaftar dalam listing properti. Sektor pemasaran menjadi bagian paling vital bagi perusahaan dalam meningkatkan transaksi jual dan sewa properti di Pekanbaru. Permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini berdasarkan kondisi dari top level perusahaan, vendor, dan klien yaitu sulitnya memperluas jangkauan pemasaran properti ke berbagai daerah secara real time. Tujuan penelitian ini ialah membangun sebuah teknik pemasaran yang mudah di akses tidak terbatas akan ruang dan waktu yaitu menggunakan sebuah E-Marketing agent Property. Dalam pembangunan E-Marketing ini mengikuti tahapan-tahapan dari kerangka kerja SOSTAC. Adapun tahapan dari kerangka kerja SOSTAC ini ialah Situation analysis, objective, strategy, Tactics, action dan Control. Setelah analisis dilakukan, E-Marketing yang dibangun ini memiliki proses teknik perancangan sistem menggunakan UML, perancangan interface hingga pengkodingan menggunakan syntax PHP, CSS, dan Jquery, hingga sampai pada tahap pengujian fungsional sistem menggunakan Blackbox Testing. Dengan adanya E-Marketing ini diharapkan dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran ke berbagai daerah dan kalangan dapat mengakses situs perusahaan setiap saat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10